Rumah Raja Panei

Kerajaan Panai adalah salah satu dari tujuh kerajaan yang disimalungun pada masa lampau,yang mana raja nya adalah dari Klan Purba Dasuha.Tapi sayang rumah raja tersebut hanya tinggal puing-puing saja,dan kuburan-kuburan para Raja

Huis van de radja te Pematangpanai bij Pematangsiantar

RUMAH RAJA DI PEMATANG PANAI DEKAT DAERAH PEMATANG SIANTAR

Terjemahan Oleh Sally Pardede

Puing-puing Rumah Raja Panai

Puing-puing Rumah Raja Panai

Rumah Radja Panei Di Pematang Panei ( Panombean Simalungun), Fhoto diambil 26 Desember 2010 , beginilah kondisinya sekarang hanya tinggal pondasi dasar by Anca Damanik )

Areal Pemakaman Raja Panei

Photo ini di liput langsung Oleh Lawei Anca Damanik,terimakasih buat lawei Anca Damanik

kiranya kita generasi-generasi muda simalungun lebih banyak lagi yang perhatian akan simalungun itu sendiri

mari kita bangkitkan kembali masa-masa kejayaan simalungun

seperti pesan Bung Karno JAS MERAH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

28 Responses to Rumah Raja Panei

  1. Sewajarlah kita meniru kekompakan keturunan Radja Panei dalam hal pembuatan makam yang dapat menceritakan sejarah perjuangan leluhurnya.Walaupun hanya tinggal pondasi bekas Rumah Bolon,namun yg kita lihat adalah penghormatan terhadap leluhur masih besar ditengah tengah keturunannya.Jadi,tarima kasih ma bani Lawei Anca Damanik, dabob mambere tikki ni,baik berupa morel/materil,mangkalojahon dirini patuppuhon gambar2 ai…horas,diatei tupa.

    P.Siantar,27 Des.2010

    Rudin H.Purba Tambak.

  2. maaf sblmna. sy menghargai foto2 yg sdh d ambl. tp apkh anda sdh izin sblmna? knp mlh makam opung sy km tag k orglain bkn k fb sy. anda sdh permisi blm dlm pengambilan gambar makam2 td. g tkt apa kl opung2 td mrh.. jg asl jeprat jepret saja dong tnpa sonder prmisi. sy kcw dan sgt kcw sm km anca. td sy sdh ngobrol pnjg lbr dg bang parlin n dori. sy saja yg turunanna lgsg tdk brani asl2an dlm jeprat jepret krn itu adlh tmpt keramat. dan psn opg2 itu buat km anca, tlg hargai mreka. wlwpun sdh tiada. slh 1btk penghargaanna adlh hrgai kturunanna lgsg dg meminta izin trlbh dl utk skdar memotret aplg menampilkan foto2 td. bknna mlh km tag kFB org.. trm ksh

  3. Juandaha Raya P. Dasuha

    Terimaksih kepada Lawei Anca Damanik yang sudah mempublikasikan foto-foto tentang keberadaan Kerajaan Panei di Pamatang Panei. Saya tadi langsung bertelepon dengan putera raja Panei Tuan Bosar Sumalam Purba Sidasuha yang makamnya ada di Pamatang Panei (dalam foto tidak kelihatan). Beliau (Tuan Kamen Purba Sidasuha) berterimakasih kepada Lawei yang sudah memposting ini di internet, semoga semakin banyak orang yang peduli dengan masa lampau Simalungun, sehingga kelak orang dapat bercerita tentang keberadaan orang Simalungun. Sekali lagi diatei tupa.

  4. Buat Boto ariess ulfa,saya pribadi minta maap lah ke boto yah..

    dan kepada Pak Juahanda Raya P.Dasuha saya ucap kan banyak-banyak terimakasih yang telah mengklarifikasi masalah ini kepada keturunan raja panei ..

    kiranya kita warga simalungun selalu saling membantu untuk simalungun..

    Terimakasih

    Admin Simalungun Online

    Dori Girsang dan Rajim Laymond Sumbayak

  5. jdkanlah ini pembelajaran. sperti kata lawei dori, knp sy tdk blg kl sy kturunanna lgsg. sy pkr, buat ap sy show on.. sy jarang aktf dforum bkn brti sy tdk menyimak/ mengikuti.. lain x sbg masukan smua foto yg dTag/ d ambl scr lgsg, sblm dmuat hrslah dconfirm dl sm pihak2 yg bersangkutan kl msh hdp/ ad. buat anca, hrgailah budaya n sjarah. anda sbg seorgcwartwan hrslah pny nilai estetika dm sgala hal. aplg sbg seorg simalungun

  6. Maaf sebelum nya jika komen ini tidak berkenan.

    Secara pribadi,saya tidak menyalahkan Sdr. Anca Damanik sepenuhnya. Ini harus di telaah secara objektif termasuk sisi plus minus nya.

    Terima kasih karena beliau menyempatkan waktu dan tenaga. Sehingga saya dan teman2 simalungun lain yg berada di luar kota sedikit lebih dapat melihat, mengetahui history, budaya simalungun walaupun dalam berbentuk gambar dan tulisan via internet.

    Who knows ? begitu melihat foto ini, bisa saja ahap orang2 simalungun di perantauan, ter panggil hati nya untuk melakukan sesuatu yg bermamfaat untuk kelestarian budaya simalungun.

    Saya coba menerka, kalau salah satu visi dan misi simalungunonline.com ini adalah seperti yg saya sebutkan di atas. Ahap yg punya web ini terpanggil untuk melestarikan budaya simalungun dalam bentuk tulisan, gambar di web :)

    Btw, bisa saja Sdr.Anca sebenarnya ingin konfirmasi sebelumnya, tapi mungkin beliau tidak mengetahui siapa2 saja yg harus di minta konfirmasi.

    Jadi dengan begini akan ketahuan siapa2 saja keturunan dari Oppung kita tsb.

    Untuk lebih jelasnya ada baiknya langsung di tanya penjelasan dari beliau agar tidak terjadi kesalah pahaman yang dampaknya berkepanjangan.

    Diatei tupa

  7. Saya generasi muda yang cinta simalungun dan akan menjunjung simalungun….
    Saya bukan seorang wartawan melainkan masyarakat biasa yang peduli tentang simalungun yang tinggal di pematangsiantar,diatei tupa.

  8. Setelah membaca dari hulu sampe hilir :) . Saya jadi teringat, ketika Lae Dori menawarkan ide untuk men cetak ulang foto-foto Oppung/Raja2 simalungun, kemudian menjualnya, dana nya di masukin kas buat pengembangan simalungun online.

    Kemudian kami membahas ttg copyright, tapi karna niatan tulus, kami tidak ambil pusing, toh tujuan nya bukan untuk make profit kok.

    Nah, untung nya sampe sekarang belum terealisasi karna kesibukan saya dan Lae Dori.

    Jika ide di atas terealisasi, bisa saja kejadian yang terjadi sama Sdr. Anca terjadi juga kepada kami.

    Terkadang niatan tulus kita tidak sejalan dengan yang kita harapkan, pasti selalu ada rintangan, baik itu rintangan karna kesalahan sendiri maupun tidak.

    Nah, dalam kasus ini bisa di katakan karna kesalahan sendiri, karena melanggar copyright ( istilah kerennya). Maaf ya Lae Anca :)

    Buat Lae Anca, jgn patah arang, teruslah berkarya dalam melestarikan budaya simalungun, niat kami membuat web simalungunonline ini tidak jauh2 dari komen Lae Anca diatas.

    Khusus buat Lae Ariess Ulfa, kami dari simalungunonline mohon maaf sebesar-besarnya. Tapi dengan kejadian begini, kita semua jadi tau kalau Lae Ariess Ulfa adalah salah satu keturunan Oppung Panei dan care akan leluhur :)

    Semoga kejadian seperti ini bisa jadi trigger buat kita semua untuk memajukan, melestarikan budaya simalungun

    Diatei Tupa
    Dori Girsang dan Rajim Sumbayak

  9. Salut buat Lawei Anca Damanik yang sudah membuka mata kita, tentang sekelumit realita yang ada di Simalungun.

    Kita sangat prihatin dgn kondisi puing-puing sejarah Simalungun.
    Berhulu pada kebijakan pemerintah untuk ‘membangkitkan batang terendam’ dari kefakiran bukti sejarah, itu memang tugas pemerintah. Namun kitalah anak bangsa itu, yang di darah ini mengalir kesimalungunan yg tdk mungkin bisa kita donorkan pd halak simbalog. Kita punya peran atas kefakiran bukti sejarah itu…dimana PMS, UPAS, HIMAPSI, IKEIS, Yayasan Universitas Simalungun, Yayasan Simalungun Sauhur, serta lembaga-lembaga lain yg memakai simbol kesimalungunan?
    inilah manifestasi terminologi “AHAP” yang ada di Simalungun…?!

    Santabi & Tabik utk Ariess Ulfa, bantulah untuk tidak hanya sekadar mencerca…beri jalan bagi yang punya kepedulian…

    Entah sampai kapan suku ini bertahan…Yang jelas kitalah Simalungun itu… Yang berakar dari satu uhur yg satu…kita pula yg wajib peduli…

  10. Terima kasih Bpk M.Muhar Omtatok Saragih karena sudah menyempatkan waktu menorehkan komen :)

    Tepat sekali kata Bpk M.Muhar Omtatok Saragih, semua nya harus ber mula dari kepedulian dari dalam diri sendiri yang nantinya akan menyebar ke keluarga, tetangga, masyarakat (simalungun).

    Sekarang bagaimana caranya agar di hati setiap masyarakat simalungun benar-benar tertanam ahaps, ahap melestarikan budaya dan sejarah, ahap bangga jadi bagian dari suku simalungun, dan ahap-ahap yang lain untuk kemajuan simalungun

    Diatei Tupa

    Dori Girsang dan Rajim Sumbayak

  11. Pertama sekali saya bangga dan salut buat anca damanik sudah capek capek meluangkan waktu dan dana nya untuk memotret poto kuburan salah satu raja di simalungun,teruskan anca dengan kecintaan mu akan budaya batak terutama simalungun.ha..ha..ha dek anca jangan kapok ya .biasanya itu apa yg kita maksud baik belum tentu orang lain merasa senang.itulah namanya kehidupan.kami semua tau kok anca berbuat dengan iklas. kalau ada yg merasa tersinggung.ya maaf ya,horas ma di hita sasudena.

  12. Parlindungan Damanik

    Untuk Botow ku , Adytia Ulfa Boru Purba Dasuha , Kami semua mengerti apa yang menjadi pemikiran mu , tidak ada niat lain akan pemotohan ini , kecuali kami menjadi tahu tentang sejarah Kerajaan Panei , salah satu Kerajaan yang ada di Simalungun.
    Kela Djaulan Purba Dasuha dan Ambou Riama Damanik orang Tuamu , sebagai salah seorang pewaris Kerajaan Panei akan bangga kepada mu , karena kepedulianmu terhadap Leluhurmu.Sukses selalu untuk mu Botow. GBU all . Amin

    Kepada Yth Pdt. Juandaha Raya Purba Dasuha, STh
    Terima kasih Kepada Bapa Pdt. Juandaha Raya Purba Dasuha, STh akan tulisan SEJARAH PARTUANAN BAJA LINGGEI KERAJAAN PANEI DINASTI PURBA DASUHA diatas, kami menjadi tahu tentang sejarah salah satu Kerajaan yang ada di Simalungun. Dan kami berharap agar kejayaan Simalungun di Masa Silam dapat di gali, direkontruksikan ,di lestarikan dan diwarisi kepada penerus generasi muda Simalungun dalam rangka Kebhinekaan Indonesia. http://halibitonganomtatok.wordpress.com/2009/01/22/sejarah-partuanan-baja-linggei-kerajaan-panei-dinasti-purba-dasuha/

    Terima Kasih Juga kepada Lawei Muhar Omtatok
    dalam menggali, melestarikan dan merekontruksikan Kebudayaan Simalungun yang hampir sirna, yang semuanya berakar dari Kerajaan Nagur yang dipersembahkan sebagai salah satu warisan Adi Luhur yaitu filosopi hidup Simalungun / Falsafah “Habonaron Do Bona” disemua sendi Kehidupan dalam Ber KETUHANAN, Manusia, Lingkungan dan Alam kepada NKRI tercinta.GBU all. Amien.

    Mari kita sama sama menggali, merawat, merekontruksikan dan melestarikan Kebudayaan Simalungun melalui sumbangan pemikiran, materi dan lain lain.

    GBU all. Amien.
    Hormat Kami.

  13. Terima kasih & salam hormat kami utk media SimalungunOnline yg tlh berupaya mengabadikan kenangan akan kejayaan kerajaan simalungun & kebudayaannya. Bagi kami sbg putra Simalungun yg lahir & besar jauh dari tanah kelahiran leluhur, media ini merupakan suatu pencerahan dimana kami boleh melihat, mengenal & belajar tentang adat istiadat Simalungun, sehingga bukan karena darah keturunan saja kami merasa bangga sbg Putra Simalungun, tapi jiwa kami pun melekat disana. Kami pribadi sbg salah satu keturunan Raja Panei merasa senang & menghormati pihak yg secara khusus berkenan melestarikan sejarah keluarga besar Raja Panei & budaya masyarakat Simalungun pd umumnya. Jayalah Simalungun, Tuhan berkati…

  14. Terimakasih sekali atas semua komentar2nya ini akan menambah spirit baru buat kami admin simalungunonline.com

    Dan kami pun pengurus membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua saudara se hasimalungunan tuk ikut berpartisipi utk memajukan web ini apabila ada artikel2 mengenai simalungun baiklah berikan kepada kami agar bisa di publish,secara harapan kami media ini adalah milik simalungun bukan milik pribadi..

    Salam Habonaron do Bona

    Di atei tupa

    Admin Simalungunonline.com

    Dori Girsang n Rajim Sumbayak

  15. Pdt. Juandaha R P. Dasuha

    Terimakasih atas perhatian kita bersama khususnya kepada Lawei Anca Damanik, botou Ulfa br Purba Dasuha (borunya Tuan Jaulan Purba Dasuha di Medan) dan seluruh pihak yang mendukung kelestarian warisan sejarah Simalungun.

    Mari kita dukung upaya-upaya ke arah pelestarian budaya kita ini yang sudah tergerus oleh globalisasi. Mari belajat dengan negeri-negeri maju, macan Asia: Jepang, Korsel, Tiongkok yang tidak kehilangan budaya lokalnya meski sudah sampai pada titik kemajuan modern, sampai orang-orang Eropa dan Amerika sekarang ini sangat menggandrungi produk budaya Asia bahkan sampai mengimpikan pasangan hidup orang Jepang, Tionghoa dan Korea. Lihatlah produk Jepang, Tiongkok dan Korea merajai sampai ke Eropa dan Asia. Guru-guru bahasa Mandarin, Jepang dan Korea mereka datangkan, karena kecanggihan budaya Asia ini.

    Semoga budaya Simalungun dapat setidaknya mengikut di belakang bangsa-bangsa Asia ini tidak terlalu jauh…..

    Salam buat botou Ulfa, dan kami sudah sampaikan maaf yang setulusnya kepada botou dan pihak keluarga besar Tuan Bosar Sumalam Purba Dasuha, kami bahkan dari Simalungun.online sudah mampir ke rumah Tuan Kamen Purba Dasuha di Jl Sudirman Pematangsiantar dan atas izinnya berziarah ke makam raja Panei di Pamatang Panei.

    Sekali lagi, horas, diateitupa!

  16. Iyah kami udah datang ke rumah Bapa Kamen Purba Dasuha.
    Dan kami pun disambut hangat dan kamipun makan bersama dengan Beliau dan Nasipuang ni

    Di atei Tupa

    Admin Simalungunonline

    DoriGirsang n Rajim Sumbayak

  17. Horas…!
    Saya john harry Purba Dasuha, sekarang tinggal di parung-bogor. Darah saya Purba Dasuha, inang saya Saragih Sidauruk! Saya bersyukur masih ada tempat pengobat rindu, tempat (web) yang akan saya tunjukkan ke anak & istri saya (boru sunda)tentang SIMALUNGUN khususnya Purba Dasuha. Salam buat Kian Kamen Purba Dasuha, Bapa Anggi saya di jalan sekolah P.Siantar. Anggo boi, torushon hita parsatuan on ase ulang mago budaya SIMALUNGUN. HORAS !!!

  18. Horas…!
    Salam hormat & Maaf sebelumnya untuk semua.
    Saya rindu Simalungun. Anak saya sudah tiga orang, tetapi belum pernah anak & istri saya dibawa ke Siantar – Simalungun. Situs ini saya perlihatkan ke istri saya (suku sunda) betapa Simalungun adalah suatu budaya yang unik. Habonaron do Bona – saya jelaskan padanya, saya kaitkan sesuai dengan keyakinan saya (muslim). Menurutnya Simalungun luar biasa! Sekali lagi terima kasih, dan salam hormat buat semua.

  19. Horas…!
    Salam hormat & Maaf sebelumnya untuk semua.
    Saya rindu Simalungun. Anak saya sudah tiga orang, tetapi belum pernah anak & istri saya dibawa ke Siantar – Simalungun. Situs ini saya perlihatkan ke istri saya (suku sunda) betapa Simalungun adalah suatu budaya yang unik. Habonaron do Bona – saya jelaskan padanya, saya kaitkan sesuai dengan keyakinan saya (muslim). Menurutnya Simalungun luar biasa! Sekali lagi terima kasih, dan salam hormat buat semua. Salam hormat buat Kian Kamen Purba Dasuha, Bapa anggi saya di jalan sekolah P.Siantar. Horas!

  20. Yah Pak Terimakasih sudah mengunjungi web ini,kami dari admin web ini pun merasa senang apabila rasa rindu bapak akan kampung halaman disembuhkan dengan ada nya media ini,dalam waktu dekat akan kami upload photo2 Bapak Kamen Dasuha ketika kami crew datang bertandang kerumah beliau

    Di atei tupa..

    Admin Simalungunonline.com

    Dori Girsang n Rajim Sumbayak

  21. Tn. Roni Ombun M. Purba Sidasuha

    Horas kepada semua sanina.
    Salam kenal…

    Sy putra bungsu dari Tn. Abraham Purba Dasuha / br. Sihombing (+) (putra bungsu Raja Panei Tuan Bosar Sumalam Purba Sidasuha / Puang Turnip)…
    Anak dari Tn Abraham Purba antara lain : Tn Vollo Pardomuan Purba Sidasuha, Tn Inka Godfried Purba Sidasuha, Tn. Roni Ombun Marisi Purba Sidasuha, ST. dan seorang putri bernama Dear Marina Purba Sidasuha…

    Ulfa pkbr….?

    Terima kasih buat adm yg perduli dengan

    Wahhh sy merasa bangga meliat pic2 yg d upload d blog ini…

    Makam Ibu saya br. Sihombing dimakamkan disini (posisinya berada paling sudut kiri dari tangga masuk)…

  22. Salam kenal buat pak Anca Damanik, saya cucu lansung dari ompung mendiang Raja Panei yaitu Raja Bosar Sumalam.Saya cuman mau klarifikasi bahwa yang kamu tag foto makam Raja adalah bukan Raja tapi keturunan dari Raja Panei. Raja Panei yang sebenarnya adalah Raja Bosar Sumalam. Saya dan keluarga keturunan Raja Panei sangat berterimakasih karena sudah memperkenalkan peninggalan budaya Simalungun dengan di tagnya foto2 peninggalan Raja Panei tetapi alangkah baiknya jika bapak menanyakan langsung informasi mengenai Raja Panei dan minta izin kepada orang2 keturunan langsung Raja Panei karena yg saya lihat ada salah informasi. ‎​☺ ☂hαñK Ψσù ☺ before

  23. Senang ya baca sejarah dan lihat respon bapa,ibu,kakak,adik,semuanya menunjukkan kecintaan kita kepada keluarga besar purba dasuha. Nah buat purba dasuha n gank yang mau married atau butuh konsultasi dekorasi dan bunga bungaan hubungi aku ya Lenny dasuha di “Bungaku Florist” di Hp. 0856 9361 7753 atau 021 60812699 . Salam Lenny dasuha

  24. Juandaha Raya P. Dasuha

    Salam buat semua marga Purba Dasuha. Sering disebutkan Purba Dasuha di media-media, tetapi banyak orang tidak tahu apa sih Purba Dasuha itu? Untuk itu sebagai generasi muda mari gali bersama cerita atau informasi sejarah leluhur kita.

    Saya sudah berupaya mengumpulkan cerita mengenai leluhur kita sedikit demi sedikit dengan segala keterbatasan. Tetapi dengan semangat yang besar saya sudah pergi ke Bajalinggei (Sipispis/Sibual), Pamatang Panei,Purbasaribu dan Siantar sini). Rupanya nenek moyang kita dulu pernah meninggalkan sejarah tertulis tetapi terbakar habis oleh BHL.

    Mudah-mudahan dari antara kita yang mampir di sini tergerak untuk menulis apa yang dulu pernah kita dengar/ketahui dari ompung-ompung kita. Supaya kelak ada buku yang bisa kita terbitkan tentang sejarah Purba Dasuha (Sidasuha) ini.

    Salam buat semua.
    PAR RAYA

  25. horas bani hita ganupan.
    Web ini sangat terasa membantu dan bermanfaat
    saya mau tanya apakah kita sudah punya kamus bahasa simalungun? kalau ada dimana saya bisa mendapatkannya? mau ngajarin anak bahasa simalungun. Saya ragu karena bahasa simalungun saya pun masih “marpasir-pasir” kata orang. tolong bantu ya buat siapa saja yang tahu.

  26. Salam kenal….saya baru baca tulisan tentang purba sidasuha, buat saya ini mengagumkan hari gini masih ada orang orang mempelajari budaya kita, pesan saya buat yang katanya turunan langsung tolong dukung untuk lebih melengkapi tidak usah membuat polemik polemik tidak berguna kan kita semua bersaudara…. katanya dulu opa saya juga purba sidasuha tapi karena kami semua dibesarkan dalam budaya yang jauh berbeda ( sejak kecil kami berpindah dari Jepang-Canada-Amerika)kami putus hubungan dengan keluarga di Indonesia (opa anak tunggal dibawa ke Belanda)saya menemukan sebuah surat bahwa opa saya purba sidasuha lahir di Medan Sumatera Utara Indonesia karena itu saya mencari artikel tentang purba sidasuha.saat ini saya ada tugas Senin sampai rabu di Jakarta

  27. Rumiris Purba Dasuha

    horas bani hita ganupan.

    Salam kenal smuanya…Saya cucu lansung dari ompung mendiang Raja Panei yaitu Raja Bosar Sumalam. Saya anak ke 2 dari Tn.St.Drs.Nalim Purba Dasuha (+)/br.Siahaan (putra Raja Panei Tuan Bosar Sumalam Purba Sidasuha / Puang Turnip)…

    Dan khususnya buat pak Anca Damanik saya ucapkan terima kasih banyak, yang sudah meluangkan waktu untuk posting sejarah dari opung (keluarga) kami. Tapi mau klarifikasi bhw pemakaman yg di tag itu adalah bukan hanya Raja tapi juga semua keturunan Raja Panei yang sudah wafat.

    Semoga dapat bermanfaat bagi semua yang appreciate dengan sejarah/adat istiadat khususnya adat Simalungun.

    God bless you all..

  28. Horas Salam kenal ma tene….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>